Memberi Makan Kucing Bisa Menyembuhkan Ailurophobia

Betul sekali. Dan saya melihat dengan mata kepala sendiri bahwa memberi makan kucing bisa menyembuhkan AILUROPHOBIA.

Bingung?

Begini. Walau istilahnya terlihat keren, tetapi artinya sederhana. AILUROPHOBIA adalah istilah kedokteran untuk phobia terhadap kucing. Biasanya orang yang mengidap phobia ini benar-benar alergi dan tidak jarang bisa menjadi sangat ketakutan di saat seekor kucing berjarak terlalu dekat dengannya.

Tidak pernah menduga sebelumnya karena kucing bagi kebanyakan orang adalah sahabat manusia. Bahkan kucing merupakan hewan yang kerap menjadi binatang peliharaan kesayangan.

Tetapi, ternyata memang kasus phobia terhadap kucing memang benar-benar ada. Setidaknya dalam lingkungan orang yang saya kenal sendiri  sudah ada dua orang, yaitu adik saya sendiri dan juga seorang teman lama.

Mereka bisa bereaksi macam-macam ketika seekor kucing berada di dekatnya, bahkan sekedar untuk lewat saja. Ia bisa tiba-tiba meloncat ke atas kursi, atau berteriak meskipun sang kucing sama sekali tidak menyentuhnya.

Memberi makan kucing bisa menyembuhkan Ailurophobia?

Kenyataannya demikian. Adik saya sendiri yang lumayan akut ketakutannya pada hewan berbulu ini justru sekarang memelihara lebih dari 6 kucing di rumah. Ia tidak segan menggendong dan memandikan kucing peliharaannya.

Padahal selama beberapa puluh tahun ia akan selalu menghindar jika ada kucing menghalangi jalannya.

Hal itu dimulai dengan rasa tidak teganya terhadap beberapa kucing kampung yang datang ke rumah mencari makan. Beberapa di antaranya masih kecil, lusuh, dan kurus.

Rasa tidak tega mendorongnya untuk memberi makan kepada kucing-kucing tersebut.

Mulanya, ia hanya meletakkan makanan pada koran dan meletakkannya di suatu tempat sebelum kemudian menjauh. Kucing-kucing tersebut kemudian akan mengerubungi dan ia hanya memandang dari jarak tertentu.

Namanya kucing, bila ada yang memberi makanan kepadanya, maka mereka akan menjadi sangat loyal dan akan terus datang kembali. Hasilnya, adik saya itu terpaksa karena tidak tega, terus menerus menyediakan makanan untuk mereka.

Sedikit demi sedikit terjadi perubahan. Bila jarak sebelumnya sekitar 3 meter, hari demi hari semakin dekat dan semakin dekat saja. Hingga akhirnya ia coba mengelus-elus kucing-kucing tersebut.

Sekali dua kali masih terlihat rasa takut, tetapi karena terus berlanjut, akhirnya ia tidak lagi takut menghadapi kucing-kucing. Ia semakin terbiasa, pertama hanya mengelus, kemudian menggendong, dan kemudian memanjakan mereka.

Memang tidak sebentar, prosesnya membutuhkan waktu beberapa bulan. Tetapi, ia benar-benar sudah sembuh dari ailurophobia.

Sebuah pelajaran kecil bahwa ketakutan kita pada apapun sebenarnya bisa disembuhkan dengan menghadapi apa yang ditakutinya.

Nah, Kawan, jika Anda memiliki ketakutan terhadap kucing, ada baiknya untuk mencoba menyembuhkannya sendiri. Cobalah memberi makan kucing yang ada di rumah. Lakukan terus menerus sampai akhirnya Anda merasa nyaman dan berani mencoba langkah selanjutnya.

Tags: