Mengatasi Pusing Kepala Dengan Ramuan Tradisional

Kita semua pasti pernah merasakan pusing kepala. Sangat membuat tidak nyaman. Apalagi, bila kondisi ini berlangsung secara terus menerus. Pusing kepala biasanya timbul dengan beberapa gejala, seperti bola mata sakit, pandangan berputar, nyeri sebelah pada bagian kepala. Pusing kepala sebenarnya bukanlah penyakit, tetapi merupakan suatu tanda akan adanya penyakit tertentu. Biasanya, pusing kepala terjadi karena masuk angin, kerja keras, mata lelah, mabuk perjalanan, banyaknya gas di dalam lambung, dsb. Pusing kepala dapat diatasi dengan beberapa cara sederhana, seperti istirahat, peregangan tubuh, minum air putih, dan tidur dengan alas kepala lebih tinggi. Selain itu, ada pula beberapa ramuan tradisional yang telah terbukti efektif dan membantu menghilangkan pusing kepala. Berikut di bawah ini, beberapa cara sederhana untuk mengatasi pusing kepala dengan ramuan tradisional.

Mengatasi pusing kepala dengan ramuan tradisional

Mengatasi pusing kepala selain dengan obat kimia, dapat juga dengan beberapa ramuan tradisional. Selain bahannya mudah ditemukan dan cara membuatnya tergolong sederhana, tetapi cara ini juga cukup efektif untuk menghilangkan pusing kepala. Berikut adalah beberapa bahan dan cara pembuatan pusing kepala dengan ramuan tradisional.

  • cara 1 :
    • cuci bersih 1/2 genggam daun  jeruk nipis, lalu digiling/ditumbuk sampai halus. Bubuhkan 1 sdm air jeruk nipis. Kemudian, gunakan untuk menggosok tengkuk, dahi, dan pelipis sebanyak 1-2 kali sehari atau sesuai dengan kebutuhan.
  • cara 2 :
    • cuci bersih 1 cangkir kacang hijau, lalu rebus dengan 3 gelas air bersih sampai mendidih. Biarkan sampai suam-suam kuku. Minum air rebusannya dan kacangnya dimakan. Lakukan hal ini sebanyak 2x sehari.
  • cara 3 :
    • cuci bersih daun sosor bebek sebanyak 10 lembar. Lalu, giling daun tersebut dan dibubuhi air garam secukupnya. Gunakan untuk menggosk dahi dan pelipis sebanyak 1-2 kali sehari atau sesuai dengan kebutuhan.
  • cara 4 :
    • cuci bersih daun dan batang daun kangkung sebanyak 1/2 genggam. Lalu, asapkan sebentar samap daun layu. Makan sebagai lalap, dapat sebagai lauk nasi. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali sehari atau sesuai kebutuhan.
  • cara 5 :
    • cuci bersih 3 butir bawang merah. Kemudian, giling/tumbuk halus bersama 1 sdt jintan. Setelah itu, remas dengan 2 sdt air jeruk nipis. Gunakan untuk menggosok dahi dan pelipis sebanyak 1-2 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

Demikianlah, beberapa cara sederhana untuk mengatasi pusing kepala dengan ramuan tradisional. Mudah-mudahan dapat membantu dan bermanfaat. ^_^

Tags: